Terlalu Banyak Mengkonsumsi Parasetamol dapat Menghilangkan Nyawa, Dokter Memperingatkan

Mengkonsumsi Parasetamol

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Parasetamol dapat Menghilangkan Nyawa, Dokter Memperingatkan – Terlalu banyak mengkonsumsi parasetamol dalam pil dan obat flu dapat membunuh Anda, para peneliti Inggris telah memperingatkan. Mereka bilang korban overdosis banyak yang tidak menyadari bahwa dosis yang mereka gunakan dapat menjadi fatal.

Baca Juga: 45 Tips untuk Hidup Sehat

Sebuah penelitian menunjukkan risiko kematian akibat kerusakan hati akibat overdosis yang tidak disengaja, lebih tinggi daripada upaya bunuh diri yang disengaja.

Baca Juga: Studi Mengungkapkan Penyebab Cegukan

Ini karena orang melaporkan merasa tidak sehat ke dokter atau unit gawat darurat tanpa mengetahui penyebabnya, sehingga sulit untuk mendiagnosis dan mengobatinya tepat waktu. Terlalu mudah meningkatkan dosis tanpa menyadari bahayanya, para peneliti memperingatkan.

Baca Juga: 4 Langkah untuk Hidup Sehat

Mereka juga menunjukkan, bagaimanapun, bahwa parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang aman dan efektif ketika jumlah yang tepat diambil. Delapan tablet 500mg sehari atau setara dengan 4g, adalah dosis harian maksimum.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Dr Kenneth Simpson menganalisis data dari 663 pasien yang telah dirawat di Edinburgh Royal Infirmary antara tahun 1992 dan 2008 dengan kerusakan hati yang disebabkan oleh parasetamol.

Mereka menemukan 161 orang dengan usia rata-rata 40 tahun mengalami overdosis, biasanya untuk meredakan sakit perut dan punggung, sakit kepala atau sakit gigi.

Baca Juga: Apa Itu Hidup Sehat?

Dua dari lima orang meninggal karena gagal hati, tingkat kematian yang lebih tinggi daripada yang dicatat akibat overdosis yang disengaja, kata laporan mereka yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology.

Dr Simpson, dari Universitas Edinburgh dan Unit Transplantasi Hati Skotlandia, mengatakan overdosis dapat terjadi ketika orang mengalami rasa sakit dan berulang kali mengonsumsi parasetamol sedikit lebih banyak dari yang seharusnya.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat: 5 Kunci untuk Hidup Lebih Lama

Dia berkata bahwa mereka tidak mengambil dosis besar dalam satu kali kesempatan seperti yang diambil oleh orang yang mencoba untuk bunuh diri, tetapi mereka mengambil dosis besar secara bertahap yang berakibat kerusakan bertambah dan efeknya bisa berakibat fatal.

Mereka sering menggunakan parasetamol untuk rasa sakit dan mereka tidak menghitung berapa banyak yang telah mereka konsumsi selama beberapa hari.

Baca Juga: 10 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Orang Dewasa

Saat mereka dicek, kebanyakan dari mereka yang mengalami overdosis tidak langsung lebih mungkin untuk memiliki kerusakan hati dan otak, dan membutuhkan dialisis ginjal, atau butuh bantuan untuk bernafas, serta memiliki resiko kematian yang lebih besar daripada mereka yang mengalami overdosis secara langsung.

Dokter rumah sakit mungkin menemukan tingkat parasetamol yang rendah dalam darah orang yang menderita overdosis secara berlebihan meskipun mereka berisiko tinggi mengalami kegagalan fungsi hati dan kematian.

Baca Juga: Cara Tetap Sehat dalam Pencegahan Kanker

Dr. Simpson mengatakan beberapa orang bereaksi lebih buruk untuk tingkat dosis yang lebih rendah dari orang pada umumnya, dengan konsumsi alkohol yang tinggi memperburuk masalah tersebut dan itu tidak mungkin untuk mengidentifikasi mereka terlebih dahulu.

Dia mengatakan 10g adalah dosis terendah yang ditemukan yang menyebabkan kematian sementara dosis 24g dalam 24 jam adalah dosis terparah yang pernah ditemui.

Baca Juga: Parasetamol, Aspirin, dan Ibuprofen – Kenali Penghilang Rasa Sakit Anda

Yang paling aman untuk dilakukan adalah memantau berapa banyak yang Anda gunakan dan tidak melebihi jumlah delapan tablet 500mg dalam sehari, katanya.

Jumlah yang normal dari obat dapat dicerna oleh tubuh tanpa membahayakan tetapi jumlah yang berlebihan dapat menumpuk di hati, yang menyebabkan kerusakan permanen.

Related posts